Turki lumpuhkan 24 teroris PKK di Irak utara dan Suriah

Teroris yang ditargetkan dalam operasi darat dan udara sebagai bagian dari operasi anti-teror lintas perbatasan Turki
Turki lumpuhkan 24 teroris PKK di Irak utara dan Suriah

Pasukan keamanan Turki melumpuhkan sedikitnya 24 teroris PKK di wilayah utara Irak dan Suriah, kata Kementerian Pertahanan Nasional pada Minggu.

Kementerian mengatakan di Twitter bahwa sembilan teroris menjadi sasaran dalam operasi udara sebagai bagian dari Operasi Claw-Lock Turki di Irak utara.

Kementerian juga membagikan rekaman operasi anti-teror.

Kementerian juga mengumumkan bahwa 15 teroris YPG/PKK dilumpuhkan di Suriah utara.

Para teroris berencana untuk menyerang daerah Operasi Mata Air Perdamaian dan Operasi Ranting Zaitun Turki, kata kementerian itu di Twitter.

Sejak 2016, Turki telah meluncurkan tiga operasi anti-teror yang berhasil melintasi perbatasannya di Suriah utara untuk mencegah pembentukan koridor teror dan memungkinkan penyelesaian damai penduduk: Perisai Eufrat (2016), Ranting Zaitun (2018), dan Perdamaian Musim semi (2019).

Turki juga meluncurkan Operasi Claw-Lock bulan lalu untuk menargetkan tempat persembunyian PKK di wilayah Metina, Zap, dan Avasin-Basyan di Irak utara.

Operasi itu didahului oleh Operasi Claw-Tiger dan Claw-Eagle, yang diluncurkan pada tahun 2020 untuk membasmi teroris yang bersembunyi di Irak utara dan merencanakan serangan lintas batas di Turki.

Dalam lebih dari 35 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan UE – telah bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi.