Turki tegaskan kembali sumpah perangi teroris di Suriah utara

'Kami akan terus memerangi teroris di Suriah utara sampai mereka dibasmi,' kata Presiden Erdogan
Turki tegaskan kembali sumpah perangi teroris di Suriah utara

Presiden Turki pada Minggu menegaskan negaranya akan terus memerangi teroris di Suriah utara sampai mereka diberantas.

"Kami berperang melawan teroris di Suriah utara dan kami akan melanjutkannya sampai mereka dibasmi," kata Recep Tayyip Erdogan pada sebuah acara di Bandara Ataturk yang menandai peringatan 569 tahun penaklukan Ottoman atas Istanbul.

Turki telah meluncurkan operasi anti-terorisme untuk melindungi perbatasannya, tambah Erdogan.

Sejak 2016, Turki telah meluncurkan tiga operasi anti-teror yang berhasil melintasi perbatasannya di Suriah utara untuk mencegah pembentukan koridor teror dan memungkinkan penyelesaian damai penduduk: Perisai Eufrat (2016), Ranting Zaitun (2018), dan Perdamaian Musim semi (2019).

Turki juga meluncurkan Operasi Claw-Lock bulan lalu untuk menargetkan tempat persembunyian PKK di wilayah Metina, Zap, dan Avasin-Basyan di Irak utara.

Operasi itu didahului oleh Operasi Claw-Tiger dan Claw-Eagle, yang diluncurkan pada tahun 2020 untuk membasmi teroris yang bersembunyi di Irak utara dan merencanakan serangan lintas batas di Turki.

Dalam lebih dari 35 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan UE – telah bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi.