Anadolu Agency kuatkan hubungan Indonesia-Turki

Anadolu Agency melaporkan perkembangan di Indonesia dan juga kemajuan di Turki, ujar wakil presiden Indonesia
Anadolu Agency kuatkan hubungan Indonesia-Turki

Sejumlah tokoh di Indonesia termasuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberi selamat kepada Anadolu Agency yang sudah memasuki usia ke-100.

Kantor berita berbasis di Ankara ini didirikan pada 6 April 1920 oleh Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Republik Turki.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Anadolu Agency membantu mempererat hubungan Indonesia dan Turki.

“Ada banyak hal positif dari keberadaan Anadolu Agency di Indonesia. Kantor berita ini melaporkan perkembangan di Indonesia dan Turki yang dapat membangun saling pengertian antara kedua negara. Selamat atas peringatan ulang tahun yang ke-100,” ujar Wapres Amin pada Anadolu Agency baru-baru ini dalam sebuah wawancara eksklusif.

Abdul Manan, ketua Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI), menekankan bahwa kehadiran Anadolu Agency memperkaya pembaca Indonesia melalui laporan internasionalnya, terutama tentang Turki.

“Selamat kepada Anadolu Agency untuk yang ke seratus. Semoga ini akan menjadi lebih informatif dan mencerahkan sebagai kantor berita global, ”kata dia.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan Turki dan Indonesia memiliki sejarah hubungan yang sangat panjang, kesultanan muslim di kepulauan ini berafiliasi dengan Kekaisaran Ottoman selama beberapa abad.

“Semoga Anadolu Agency dapat memperluas perannya dalam membangun komunitas dunia, tidak hanya masyarakat Turki. Selamat ulang tahun yang ke-100, ”kata dia.

Seorang eksekutif dari grup media terbesar di Asia Tenggara, MNC Group, mengatakan usia seabad Anadolu Agency bukan hanya perjalanan panjang dalam memberikan informasi terbaik tanpa jeda kepada dunia, tetapi juga sebuah mahakarya yang akan abadi.

Zen Teguh, redaktur pelaksana situs web inews.id yang berafiliasi dengan MNC, mengatakan MNC Group menghargai kehadiran Anadolu Agency, termasuk di Indonesia.

Bagi publik, termasuk media massa, kehadirannya adalah sumber pengetahuan dan inspirasi yang terpercaya serta merupakan pusat literasi dan penjaga demokrasi.

“Selamat ulang tahun ke Anadolu Agency. Semoga sukses selalu. Jangan pernah berhenti mencerahkan dunia dengan karya terbaik, ”kata Zen.

Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Muslim terbesar di Indonesia, juga memberi selamat kepada Anadolu Agency.

“Seabad adalah perjalanan panjang. Bagi media, 100 tahun adalah jembatan yang kuat untuk menghubungkan berbagai negara sehingga kehidupan berjalan damai, ”kata Ketua PBNU Robikin Emhas.