Ginekolog Turki minta ibu hamil vaksinasi Covid-19

Wanita hamil yang divaksinasi lengkap memperoleh perlindungan memadai terhadap virus, kata pakar
Ginekolog Turki minta ibu hamil vaksinasi Covid-19

Ahli mengatakan ibu hamil kini lebih rentan terkena infeksi Covid-19 dibandingkan periode sebelumnya.

Menurut ginekolog Turki Faruk Buyru, alasan wanita hamil yang menjalani vaksin dapat membahayakan bayi dan ibunya adalah anggapan keliru.

“Ibu hamil yang tidak divaksinasi dapat menderita penyakit yang lebih parah akibat Covid-19 karena penurunan kekebalan dan kondisi paru-paru akibat kehamilan,” ucap Buyru.

"Perbedaan omicron dari varian Covid-19 sebelumnya adalah omicron sangat mudah menular setelah kontak singkat dengan penderita," kata dia.

Selain itu, ucap dia, varian ini menyebabkan penderita mengajalami penyakit lebih ringan berkat efek perlindungan dari vaksin yang dikembangkan terhadap virus korona.

Dalam kata lain, terang Buyru, penderita omicron yang telah divaksin sebelumnya akan mengalami penyakit yang jauh lebih daripada orang yang tidak divaksinasi

Dia mengatakan bahwa di antara kasus rawat inap di seluruh dunia, kebanyakan dari mereka yang tidak divaksinasi atau mereka yang belum mendapatkan dosis penuh.

Hal ini juga berlaku untuk wanita hamil.

Wanita hamil yang divaksinasi lengkap memperoleh perlindungan memadai terhadap virus, dan mereka tidak sakit atau dapat bertahan dari penyakit dalam bentuk infeksi saluran pernapasan atas yang sangat ringan, tambah Buyru.