Presiden Ukraina sebut 934 pemukiman dibebaskan dari tentara Rusia

Pemerintah secara bertahap memulihkan akses ke layanan medis dan pendidikan, dan badan perlindungan sosial, kata Volodymyr Zelenskyy
Presiden Ukraina sebut 934 pemukiman dibebaskan dari tentara Rusia

Ukraina telah membebaskan 934 pemukiman dari tentara Rusia sejauh ini, dan kehidupan di daerah ini secara bertahap kembali normal, kata Presiden Volodymyr Zelenskyy Rabu malam.

Dalam pidato video kepada rakyat Ukraina, Zelenskyy mengatakan bahwa "934 permukiman telah dibebaskan. Polisi melanjutkan pekerjaan di 435 permukiman. Pemerintahan mandiri lokal mulai bekerja di 431 komunitas. Pekerjaan markas kemanusiaan diluncurkan di 361 permukiman."

Pemerintah Ukraina secara bertahap memulihkan akses masyarakat ke layanan medis, pendidikan dan badan perlindungan sosial, tambah dia.

Menyinggung pertemuannya dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel di ibukota Ukraina Kyiv pada Senin, Zelenskyy mengatakan pertemuan itu komprehensif dan produktif.

Keduanya membahas topik-topik seperti proses keanggotaan UE, langkah-langkah nyata UE untuk membantu Ukraina, khususnya dalam hal pertahanan, keuangan dan sanksi, dan persiapan langkah-langkah yang diperlukan untuk rekonstruksi Ukraina.

Mengenai integrasi Ukraina ke dalam UE, Zelenskyy mengatakan: "Ini adalah momen bersejarah ketika kita dapat mengembangkan kecepatan maksimal untuk bergabung dengan Uni Eropa. Kami telah membuktikan bahwa negara dan lembaga publik Ukraina cukup efektif untuk bertahan bahkan dalam ujian perang. "

Zelenskyy juga mengumumkan Ukraina telah menerbitkan rencana memperkuat sanksi terhadap Rusia.

"Rencana tersebut memberikan pembatasan pada sektor energi Rusia, sektor perbankan, operasi ekspor-impor, transportasi."