Turis Rusia berbondong liburan ke Turki setelah penerbangan dibuka

Pada Senin sebanyak 80 pesawat penuh dengan wisatawan Rusia tiba di Antalya dalam sehari, mereka percaya dengan program Sertifikat Pariwisata Aman dari otoritas Turki
Turis Rusia berbondong liburan ke Turki setelah penerbangan dibuka

Wisatawan Rusia membanjiri Turki setelah dimulainya kembali penerbangan antara kedua negara di tengah langkah-langkah kuat untuk memerangi virus korona, ungkap pihak berwenang setempat.

Dalam kurun waktu satu hari sebanyak 80 pesawat berisi turis Rusia mendarat di kota resor Antalya.

Lebih dari 23.000 turis Rusia pada Senin mendarat di kota wisata di pinggir Laut Mediterania itu, banyak fasilitas berlibur di kota itu mengikuti program Sertifikat Pariwisata Aman Turki.

Antalya adalah tujuan favorit bagi orang Rusia, tahun lalu jumlah mereka mencapai sekitar 5,6 juta dari 15 juta pengunjung ke kota itu, menurut otoritas Antalya.

Antalya "bekerja keras untuk program Sertifikat Pariwisata Aman dan membangun kepercayaan di antara para pengunjung," kata Erkan Yagci, kepala Asosiasi Perhotelan Mediterania (AKTOB), kepada Anadolu Agency.

Dia mengatakan pihaknya merasakan kegembiraan di hari penerbangan pertama dari Rusia.

Yagci mengatakan sektor ini tidak akan berkompromi untuk memastikan pariwisata yang aman dengan menggunakan program sertifikasi.

"Selama kami menyediakan layanan pariwisata yang aman dan sehat, permintaan akan terus meningkat," sebut dia.

Ulkay Atmaca, kepala Asosiasi Manajer Hotel Profesional (POYD), mengatakan tingginya jumlah wisatawan yang datang pada hari pertama ini menandai awal yang baik untuk musim pariwisata.

“Warga Rusia menikmati alam Antalya, warisan budaya, laut, matahari, dan pantai,” tambah dia.

"Dalam 10 hari terakhir telah terjadi lonjakan jumlah pemesanan, yang membuat kami bahagia," tukas dia.