Turki gelar workshop keadilan selama menjabat kepala SEECP

Turki menjabat sebagai Ketua Proses Kerja Sama Eropa Tenggara (SEECP) 2020-2011 sejak 1 Juli lalu
Turki gelar workshop keadilan selama menjabat kepala SEECP

Proses Kerjasama Eropa Tenggara (SEECP) di bawah kepemimpinan Turki menggelar workshop digital tentang keadilan dalam bahasa Inggris yang berlangsung selama dua hari pada 30 September, ungkap Akademi Kehakiman Turki.

Workshop bertema “Kemajuan Hakim dan Jaksa dalam Pendidikan Profesi Pasca Covid-19” akan berfokus pada kesulitan yang dihadapi lembaga pendidikan di bidang peradilan, pendidikan hakim dan jaksa pasca pandemi virus korona.

Acara tersebut juga akan membahas perkembangan setelah pandemi di lembaga pendidikan peradilan di negara-negara Eropa tenggara, strategi baru dan membangun kerja sama di bidang yang memungkinkan.

Turki menjabat sebagai Ketua Proses Kerja Sama Eropa Tenggara (SEECP) 2020-2011 pada 1 Juli, selama satu tahun.

Ini adalah ketiga kalinya Ankara memimpin grup tersebut setelah memimpin pada 1998-1999 dan 2009-2010.

Didirikan pada 1996, SEECP mencakup 13 negara dan mempromosikan kerjasama regional yang komprehensif.

Dalam kepemimpinannya Turki berupaya untuk melengkapi penelitian yang ada di kawasan dan untuk memberikan nilai tambah.

Motto kepemimpinan Turki “Tetangga Melihat Bersama” mengacu pada masa depan bersama masyarakat Balkan yang hidup berdampingan.

Prioritas kepemimpinan Turki adalah kerja sama di bidang kesehatan pasca wabah Covid-19, migrasi intelektual, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pendidikan, penguatan konektivitas dan infrastruktur intra regional, peningkatan perdagangan dalam dan luar daerah, manajemen migrasi, kepemudaan, Kebudayaan dan Pariwisata dan keamanan.

KTT SEECP dan pertemuan para menteri luar negeri direncanakan oleh Turki selama tahun mendatang.

Selain itu, juga akan diadakan enam pertemuan tingkat menteri di bidang transportasi, pendidikan, pariwisata, perdagangan, kesehatan dan pemuda, serta olahraga.

SEECP juga merencanakan akan menggelar berbagai pertemuan, workshop, dan proyek tentang perdagangan, manajemen migrasi, pariwisata budaya, dan masalah keamanan.

Akademi Kehakiman Turki adalah lembaga negara yang memberikan pelatihan, magang, dan persiapan bagi jaksa, hakim peradilan, dan administrasi di Turki.