1. HABERLER

  2. GLOBAL NEWS

  3. Turki: Operasi lintas batas di selatan tak targetkan integritas teritorial tetangga
Turki: Operasi lintas batas di selatan tak targetkan integritas teritorial tetangga

Turki: Operasi lintas batas di selatan tak targetkan integritas teritorial tetangga

Dewan Keamanan Nasional Turki mendesak negara-negara yang melanggar hukum internasional dengan mendukung terorisme untuk segera mengakhiri sikap mereka ini

A+A-

Operasi militer saat ini dan selanjutnya yang melintasi perbatasan selatan Turki tidak menargetkan integritas teritorial tetangganya, tetapi diperlukan untuk menjamin keamanan negara itu, kata Dewan Keamanan Nasional Turki pada Kamis.
Dalam sebuah pernyataan setelah rapat pada Kamis, dewan itu mendesak negara-negara yang melanggar hukum internasional dengan mendukung kelompok teroris agar "mengakhiri" kebijakan mereka ini.

Menekankan Turki selalu memenuhi semangat dan hukum aliansi di ranah internasional, dewan tersebut mengatakan bahwa Ankara mengharapkan tanggung jawab dan ketulusan yang sama dari sekutunya.
Dewan juga membahas operasi anti-teror Turki yang sedang berlangsung dan tindakan lainnya.
Pada Senin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya akan mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan sisa zona aman sepanjang 30 kilometer di sepanjang perbatasan selatannya.
Turki berbatasan dengan Suriah dan Irak di wilayah selatannya, dan telah bekerja untuk menghilangkan sarang teroris yang ada dan mencegah basis baru yang akan mengancam keamanan nasionalnya dan keselamatan penduduk setempat di seberang perbatasannya.
Ankara telah meluncurkan operasi berturut-turut terhadap PKK di Irak utara sejak 2020, yang terbaru Operasi Cakar-Kunci pada April untuk menargetkan tempat persembunyian PKK di wilayah Metina Irak.
Dalam lebih dari 35 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan UE - bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. YPG adalah cabang PKK di Suriah.


HABERE YORUM KAT