Lonjakan kasus di Jepang picu kekhawatiran gelombang kedua Covid-19

Infeksi meningkat di kota-kota termasuk Tokyo, hanya beberapa hari setelah keadaan darurat nasional berakhir
Lonjakan kasus di Jepang picu kekhawatiran gelombang kedua Covid-19

Kekhawatiran akan gelombang kedua pandemi Covid-19 di Jepang semakin meningkat setelah jumlah kasus baru melonjak di beberapa bagian negara, termasuk Ibu Kota Tokyo, sejak darurat nasional dicabut pekan ini.

Menurut Kyodo News, lonjakan infeksi yang mengkhawatirkan terjadi di Kota Kitakyushu, Provinsi Fukuoka, dengan lebih dari 40 kasus dikonfirmasi dalam waktu kurang dari seminggu.

Wali Kota Kitakyushu Kenji Kitahashi mengatakan kota itu berada di tengah gelombang kedua setelah kasus-kasus baru muncul seusai jeda selama lebih dari tiga minggu.

Otoritas terkait mengatakan kota itu tidak memiliki kasus baru dari 30 April hingga 22 Mei, tetapi 43 infeksi baru kini dikonfirmasi hanya dalam enam hari dan 21 di antaranya dalam satu hari.

Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan tim tanggap darurat telah dikirim ke Kitakyushu untuk meninjau situasi dan menerapkan tindakan yang diperlukan.

Di Tokyo, pihak berwenang melaporkan lebih dari 10 kasus Covid-19 selama tiga hari berturut-turut setelah penurunan dalam beberapa minggu terakhir.

Sebanyak 15 kasus baru dikonfirmasi di Tokyo pada Kamis, termasuk sembilan di satu rumah sakit yang sama.

Kasus-kasus baru itu membuat total kasus di Jepang menjadi 16.683, dengan 867 kematian.

Lonjakan terjadi hanya beberapa hari setelah Perdana Menteri Shinzo Abe mengakhiri keadaan darurat pada Senin.

Namun, dalam pidato yang disiarkan televisi, Abe memperingatkan bahwa keputusan itu tidak berarti virusnya hilang atau infeksi menjadi nol.